SELAMAT DATANG DI BLOG Kanisius Sungga,S.Pd.,Gr ~~~ Mari Saling Berbagi

Rabu, 03 Juni 2020

GURU MILENIAL IGI HARUS BISA MEMBUAT BLOG

Sagusablog

Wajib blog. SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu kanal pelatihan yang digagas oleh IKATAN GURU INDONESIA (IGI) yang lahir untuk menjawab tantangan guru di abad 21 di mana literasi informasi menjadi salah satu hal penting yang harus dikuasai di abad ini. Blog menjadi salah satu software primadona IGI yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang guru. Oleh karenanya, Guru harus menguasainya melalui kanal pelatihan Sagusablog ini.
Apa itu blog?
Blog yang merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut (wikipedia).
Mengapa Blog?
Seperti telah disampaikan di awal bahwa blog menjadi salah satu software andalan IGI. Hal ini karena IGI memandang bahwa blog merupakan salah satu media atau sarana yang sangat efektif untuk menampilkan berbagai informasi. Dalam perkembangannya saat ini, blog tidak digunakan untuk menyimpan sebuah catatan harian an sich. Lebih dari itu, blog bisa digunakan sebagai media publikasi dan komunikasi yang bisa dilakukan secara interaktif. 
Guru mempunyai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi. Menurut saya, semua tupoksi guru ini bisa disampaikan melalui blog, meskipun tentu saja tidak semuanya bisa disampaikan secara sempurna. 
Bagaimana bisa?
Melalui blog, guru bisa mendidik melalui tulisan-tulisan inspiratif dan edukatif yang dibuat guru yang bersangkutan misalnya. Melalui blog, guru bisa mengajar melalui media-media interaktif yang dibuat oleh guru atau yang ditampilkan melalui tautan-tautan ke media pembelajaran on-line, yang berisi materi-materi pembelajaran yang ditampilkan melalui media YouTube sebagai contoh. Pun guru bisa melakukan penilaian dan evaluasi melalui blog dengan menautkan soal-soal ulangan atau ujian yang dibuat secara on-line menggunakan Google Drive misalnya. Dan lain sebagainya. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dan kemudahan-kemudahan yang masih bisa dimanfaatkan dan dieksplor oleh guru melalui blog ini.
Mr.Mung Sang Master Sagusablog
IGI mempunyai Mr. Mung sebagai salah seorang master SAGUSABLOG di samping master-master lainnya tentu saja. Beliau telah mencurahkan tenaga, pikiran, dan waktunya untuk melatih guru-guru Indonesia cara membuat dan memanfaatkan blog baik melalui pelatihan on-line maupun off-line.  
Pertama kali saya mengikuti pelatihan SAGUSABLOG ini dengan mengikuti workshop Online Satu Guru Satu Blog (Sagusablog) Dasar 40 dan saya masuk di Kelas 40-N. Pelaksanakan Sagusablog dasar 40 pada tanggal 8 sampai 14 Mei 2020. Pada waktu itu pelatihan SAGUSABLOG dasar dibimbing oleh mentor Nurul Aini, S. Pd. dan Syari Hasniyati, S. Pd. Selanjutnya, untuk mempelajari dan menguasai Sagusablog lebih lanjut, saya mengikuti lagi workshop on-line Sagusablog Lanjut 41 Kelas 41-G melalui kelas telegram yang dilaksanakan tanggal 2 sampai 8 Juni 2020 dimentori oleh Ardi Kusnadi dan I Wayan Suriasa. Materi dan pembimbingan yang diberikan sangat baik dan bermanfaat bagi saya. 
Mengakhiri tulisan ini, semoga saya bisa memanfaatkan kanal Sagusablog ini untuk menguasai, memanfaatkan dan mengaplikasikan blog secara optimal dalam pembelajaran. Selain itu, semoga guru-guru bisa menjadikan blog sebagai media pembelajaran alternatif yang bisa membawa nuansa baru dalam pembelajaran abad 21. Terima Kasih
JAYALAH GURU-GURU INDONESIA!!!
SALAM IGI!!!
SALAM SAGUSABLOG!!!

0 komentar:

Posting Komentar